Total Pageviews

Tuesday, December 27, 2016

12 PETUA HILANGKAN BATUK TANPA UBAT DENGAN CEPAT






Petua Hilangkan Batuk. Batuk merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan lendir, debu atau jerebu melalui saluran pernapasan. Setiap orang pasti pernah mengalami batuk, sekurang-kurangnya satu tahun sekali. Batuk biasanya akan hilang dalam waktu tiga minggu dan tidak membutuhkan pengubatan khusus. Pemakaian ubat batuk sampai kini belum terbukti sepenuhnya. Justru orang lebih suka memakai petua tradisional untuk meredakan batuk.


Batuk bisa disebabkan oleh virus yang menyebabkan saluran pernapasan mengalami infeksi. Selain dikarenakan virus penyebab infeksi, ada lagi punca yang menyebabkan batuk iaitu:

🔹 Penyakit turunan atau jangka panjang yang mudah kambuh, semisal asma, chronic obstructive pulmonary disease (COPD), atau bronkitis kronis, sinusitis, pneunomia, dan tuberculosis.
🔹 Terdedah alergi kepada jerebu dan debu, atau bisa juga rinitis alergi terhadap serbuk sari (hay fever).

🔹 Penyakit refluks gastroesofagus.

🔹 Penyakit yang berhubungan dengan virus seperti selsema dan influenza.
Kebiasaan buruk merokok.
🔹 Asid lambung naik sehingga mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD).

Terdapat macam-macam batuk meliputi batuk kering dan batuk berkahak, baik pada bayi, kanak-kanak, maupun orang dewasa. Tanda awal dari batuk kering umumnya berupa rasa gatal pada tekak yang memicu batuk. Batuk kering atau tanpa kahak biasa terjadi tatkala tekak dan saluran pernapasan bahagian atas sedang mengalami peradangan. Pada kasus batuk berkahak, keberadaan lendir di dalam saluran paru-paru bisa dikeluarkan dengan bantuan batuk.


Petua Hilangkan Batuk Dengan Cepat

Meskipun batuk dapat sembuh dengan sendirinya. Anda masih bisa mempercepat proses pemulihan dengan sepuluh petua hilangkan batuk berikut ini.


1. Buah Badam
Buah badam memiliki kelebihan untuk menghilangkan batuk dengan cepat. Sekiranya petua ini boleh menjadi pilihan buat Anda yang suka dengan perubatan konvensional. Berikut ini panduannya.

📗 Siapkan 5-8 butir buah badam, lalu rendam di dalam air minimal 12 jam.
📗 Tumbuk atau giling buah badam sampai lembut seperti pasta, kemudian tambahkan sesudu teh mentega.
📗 Makan pasta ini dalam satu hari sebanyak tiga sampai empat kali.

Kalau tidak suka makan mentega langsung, maka jangan cuba poin pertama ini.


2. Buah AnggurAnggur menampung sifat ekspektoran yang dapat membantu mengeluarkan lendir pada saluran paru-paru. Buatlah jus anggur dan minum sehari dua kali, jangan terlalu banyak karena rasa manis pada anggur juga bisa menyebabkan batuk.


3. Limau Nipis dan Kicap
Siapa yang tahu rahasia ini? Paduan limau nipis dan kicap sangat efektif dalam menawar batuk. Pengubatan tradisional ini telah dipakai sejak masyarakat terdahulu. Bagaimana buatnya?

📗 Ambil satu limau nipis, lalu siapkan pula kicap dan satu sudu makan.
📗 Peras limau nipis ke atas sudu, buang bijinya. Tuang sedikit kicap, lalu aduk dan minum ubat batuk ini.
📗 Selepas itu, jangan lupa minum air hangat. Sehari cukup dua kali lakukan perubatan ini.


4. Madu
Kicap berasa manis, madu juga manis. Anda sukar menentukan pilihan? Rileks, keduanya sama-sama bagus kesannya. Madu secara praktikal telah terbukti efektif dalam mengubati batuk dan tekak gatal. Tidak percaya? Cuba saja campurkan sesendok madu dengan satu gelas lemon tea.


5. Daun Mint
Di Jerman, daun mint dipercaya sebagai ubat untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan bagian atas, selsema, batuk, dan bronkitis. Daun ini kerap diolah menjadi bahan baku teh yang dibuat khusus untuk fungsi ubat peradangan saluran pernapasan.
Untuk memperoleh ini daun, Anda tak mesti perlu bertamasya ke Jerman dulu, mahal biaya perjalanannya hanya buat beli ubat ini. Cukup ikuti panduan berikut.

📗 Lihat sekeliling halaman rumah, apa ada daun mint? Bila tidak, nak temukan di rumah tetangga. Lalu petik seperlunya, kemudian direbus dalam air mendidih selama 10 menit, saring airnya.

📗 Tambahkan madu dan perasan limau nipis pada air rebusan daun mint.

📗 Minum ramuan herbal ini sehari dua kali, sampai batuk pulih.

6. Lada Hitam dan Madu
Pernah dengar jenis perubatan atasi batuk pakai lada hitam? Mungkin di Malaysia masih dikit yang mengetahui petua hilangkan batuk ini. Lada hitam yang dicampur dengan madu nyatanya mampu menyembuhkan batuk dengan jalan mengeluarkan lendir dari dalam. Bagaimana panduannya?

📗 Mula-mula, ambil satu sendok lada hitam bubuk, lalu satukan dengan dua sudu madu ke dalam gelas.

📗 Beri air hangat, lalu tutup gelasnya selama 10 minit.

📗 Langkah akhir, minum ramuan ini.

7. Halia
Halia termasuk penawar batuk semualajadi yang dapat Anda jumpai di dapur rumah. Seorang pengamal medic memakai jahe untuk meredakan demam dan selsema sebab tahu di dalam halia terdapat kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant.


Petuanya:

📗 Ambil jahe secukupnya, lalu iris-iris.
📗 Didihkan jahe iris dalam 3 gelas air selama 15 minit, lalu saring airnya.
📗 Berikan perasan lemon atau limau nipis dan satu sudu madu, minum saat hangat agar nikmat.

8. Kunyit
Buatlah masakan dengan bumbu yang berasakan kunyit bila sedang menghadapi batuk kering. Atau Anda bisa buat campuran dari ia dan lada hitam. Berikut panduannya.

📗 Ambil setengah gelas air, lalu rebus.

📗 Tambahkan satu sudu teh kunyit, bubuk kayu manis, dan lada hitam.

📗 Minum airnya ketika dingin sehari tiga kali hingga batuk hilang.

9. Sup Ayam
Makanan berkuah bisa juga merawat batuk yang berkesan. Siapa kira? Tapi ini sudah dikaji oleh Universitas Nebraska di Amerika Serikat perihal sup ayam yang memiliki sifat anti-radang seperti ditemukan pada kebanyakan ubat batuk. Lain hal mengabarkan bahwa sup ayam bisa membuang kotoran menggumpal pada tenggorokan.


10. Mandi Air Panas
Nak pergi ke kamar mandi buat usir batuk. Rendam badan Anda dalam air hangat, matikan exhaust, dan buatlah ruangan agar tertutup rapat. Uap panas bisa jadi lawan terberat bagi batuk yang mana juga sebagai teman untuk menghilangkan batuk. Uap bertugas menenangkan rongga udara dan melonggarkan sinus serta dahak pada tenggorokan dan paru-paru.


11. Perbanyak Minum Air

Sama seperti pesakit denggi, air mineral dibutuhkan lebih banyak oleh orang yang mengalami batuk. Cairan diperlukan untuk meminimalisir lendir pada bagian postnasal dan untuk menjaga kelembapan membran yang bisa mengurangi dan elak batuk.


12. Tidur Pakai Bantal Tinggi

Posisi kepala yang lebih tinggi dari badan akan membuat lendir atau hingus di tekak dan hidung berpindah dari saluran pernapasan. Anda hanya perlu menambah bilangan bantal di kepala ketika tidur di malam atau siang hari.


***


Ada satu jenis batuk yang menandakan adanya infeksi saluran pernapasan yang lebih serius, iaitu batuk kokol. Waspadai tanda batuk kokol ini, terutama pada kanak-kanak dan bayi, sebab sangat berbahaya. Tanda batuk kokol meliputi:

📍 Suara lengkingan setiap kali menarik napas dalam-dalam selepas batuk.

📍 Batuk terus-menerus dan intens yang mengeluarkan kahak kental.

📍 Badan lesu dan wajah memerah akibat batuk yang tak tertahan.
📍 Muntah pada bayi dan kanak-kanak.


Apabila Anda terkena batuk kokol, maka harus waspada dengan ubat sembarang jual untuk mengubati batuk kokol. Sebab banyak sekali jenis ubat yang tidak mujarab untuk menghilangkan batuk kokol, bahkan gejalanya saja tidak mampu dikurangi.


Semoga petua hilangkan batuk semulajadi tanpa ubat ini memberikan manfaat untuk Anda yang lagi bermasalah dengan batuk.