Total Pageviews

Friday, March 24, 2017

MANFAAT SIHAT DARI BUAH CERI..

Ceri, berwarna merah menggoda dan manis rasanya, ternyata bermanfaat yang sihat bagi tubuh kita. Sebuah penelitian tahun 2009 yang dilakukan oleh the Journal of Nutrition menunjukkan manfaat antioksidan dalam buah ceri bagi kesihatan orang yang usianya suda  lanjut. Manfaat antioksidan dari buah ceri memberikan perlindungan pada mereka dari serangan penyakit jantung, kanser, dan penurunan kemampuan kognitif yang terkait dengan usia.

Menurut para peneliti, beberapa laporan penelitian menunjukkan bahwa aktiviti antosianin akan lebih efektif jika dimakan dalam bentuk campuran, misalnya seperti jus buah ceri. Terkait dengan itu, buah ceri yang diolah menjadi jus ceri menyimpan 4 manfaat sihat  seperti berikut :

1. Anti kanser
Karsinogen, zat berbahaya yang terdapat di udara, air dan makanan dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan  kanser. Jus buah ceri tak hanya menawarkan kandungan antosianin, tetapi juga menawarkan tiga senyawa kimia yang penting untuk tubuh. Jus ceri mengandung alkohol perillyl, limonene dan asam ellagic yang berfungsi menghentikan transformasi sel yang menyebabkan kanser. Ketiga senyawa tersebut sangat protektif terhadap kanser payudara, paru-paru, hati dan kulit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Jus ceri mengandung salah satu jenis antioksidan kuat yang disebut dengan quercetin. Jenis antioksidan ini mampu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Quercetin juga membantu tubuh melawan kolesterol jahat dan tentunya menjadi kabar baik bagi kesihatan jantung.



3.Pemulihan selepas olahraga berat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa pelari yang mengonsumsi 11-12 ons jus ceri sebanyak dua kali sehari selama seminggu sebelum pertandingan lari maraton ternyata mengalami lebih sedikit rasa kesakitan. Ini dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo. Ini berarti kandungan dalam jus buah ceri mampu memberikan efek pemulihan yang lebih baik bagi mereka yang melakukan olahraga berat.

4. Merawat insomnia

Menurut para peneliti dari Louisiana State University, mengambil jua ceri pada pagi dan malam hari adalah cara yang bagus untuk merawat insomnia. Mereka yang mengambil jus ceri dengan cara tersebut boleh menambahkan sebanyak 90 minit untuk tidur nyenyak di waktu malam . Buah ceri adalah sumber alami melatonin, iaitu hormon yang membantu siklus tidur menjadi lebih baik.

Thursday, March 23, 2017

MENJAGA KESIHATAN KANDUNGAN EMPEDU DENGAN POLAH HIDUP




Pada umumnya, menjaga kesihatan kandung empedu adalah dengan cara mencegah terjadinya batu empedu, dan membuat empedu dapat bekerja dengan normal.
Berikut adalah yang harus diperhatikan untuk menjaga kesihatan kandung empedu :

1.Mengontrol Berat Badan. 

Obesitas atau terlebihan berat badan akan menggangu proses pencernaan. Selain itu, obesitas juga dapat mencetuskan terbentuknya batu pada organ – organ tubuh, salah satunya adalah kandung empedu. Kolestrol yang tinggi dapat mengendap dan menumpuk pada kandung empedu dan menghasilkan batu.

2.Olahraga secara teratur. 

Anda dapat melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik, seperti berlari, badminton, dan berenang, agar tidak terjadi penumpukan lemak pada tubuh anda.

3.Lakukan program diet. 

Program diet haruslah tepat, berpadukan dengan olahraga dan jenis makanan rendah kalori dan tinggi serat serta protein.

4.Kurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi. 

Kalori yang tinggi akan membuat lemak terkumpul. Lemak yang terkumpul berpotensi menimbulkan batu pada kandung empedu

5.Banyakan minum air putih. 

Air putih sangat baik untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan tubuh. Minumlah 8 gelas air putih sehari untuk kesihatan kandung empedu anda.

6.Hindari tidur setelah makan. 

Bahaya tidur selepas makan kerana kalori akan bertambah , artinya adalah kalori yang tidak terbakar, sehingga dapat menimbulkan lemak berlebihan. Lemak yang berlebihan akan terkumpul dan berpotensi mengganggu kesihatan kandung empedu.

7.Hindari rokok dan minuman beralkohol. 

Rokok dan minuman beralkohol merupakan sesuatu yang ‘berat’ untuk dicerna. Sehingga selain mempengaruhi kerja ginjal, rokok dan minuman beralkohol juga dapat memperberat kerja kandung empedu, yang harus mengeluarkan cairan empedu lebih banyak untuk menyerap kandungan zat – zat yang ada di dalam rokok atau minuman beralkohol.